Perusahaan Nakal, Siap-siap Menerima Sanksi Administratif

Sukabumi Jabar, SIBER88.CO.ID_ Warung Nusantara 88 (WN88) Sukabumi Raya akan datangi salah satu perusahaan distributor yang beralamat di Jalan RA Kosasih, Kota Sukabumi yang diduga tidak memberikan jaminan kesehatan bagi pekerjanya.

Ketua WN88 Sub Unit 02 Sukabumi Raya, Bang Joe mengatakan, Tujuan kedatangan untuk menyampaikan aduan dari karyawannya karena selama beroperasi, perusahaan tersebut diduga lalai dalam memberikan hak dan perlindungan terhadap karyawannya.

Bacaan Lainnya

“Kami menerima laporan bahwa selama perusahaan tersebut beroperasional tidak memberikan jaminan dan perlindungan kesehatan untuk karyawannya,”kata Bang Joe kepada wartawan, Minggu (4 Desember 2022).

Bang Joe menjelaskan, andilnya WN88 Sukabumi Raya dalam menyikapi permasalahan tersebut karena sesuai dengan visi misi WN88 yang bergerak dalam bidang Kamtibmas, Sosial dan Budaya.

“Intinya, kami menyikapi masalah ini bertujuan agar para karyawan perusahaan tersebut bisa mendapatkan BPJS kesehatan dan Jaminan Sosial Ketenagakerjaan,”ujarnya.

Bang Joe mengucapkan, jika perusahaan tersebut tidak dapat memenuhi kewajiban untuk pekerjanya maka WN88 akan melaporkan hal tersebut kepada Disnakertrans Kota Sukabumi.

“Seperti dituangkan dalam Pasal 17 undang undang nomor 24 tahun 2011 tentang tatacara pengenaan sanksi administrasi kepada pemberi kerja selain penyelenggara negara dan setiap orang selain pemberi kerja,pekerja dan penerima bantuan iuran dalam penyelenggaraan jaminan sosial,”ungkapnya.

Intinya, lanjut Bang Joe, setiap orang, selain pemberi kerja, Pekerja, dan penerima bantuan iuran yang melanggar ketentuan sebagaimana dimaksud akan dikenai sanksi administratif.

“Jika masih tidak ditanggapi, kami akan melaporkan kepada dinas terkait untuk diberikan Sanksi administratif sebagaimana dimaksud pada ayat (1) dapat berupa teguran tertulis, denda dan atau tidak mendapat pelayanan publik tertentu,”pungkasnya.

(HR)

Pos terkait