Pemdes Mekargading Tunjuk 7 Muadzin Kumandangkan Adzan Di Tiap Perempatan Desa

  • Whatsapp

Indramayu Jabar,SIBER88.CO.ID//Setelah pemerintah pusat mengeluarkan keputusan perpanjangan masa PPKM darurat sampai 25 Juli 2021 guna memutus matarantai mewabahnya virus corona,pemerintah desa Mekargading,kecamatan Sliyeg,kabupaten Indramayu Jawa Barat melakukan berbagai upaya demi menghilangkan wabah tersebut(22/7/2021).

Pemdes Mekargading mengadakan dua kegiatan langsung,yang pertama melakukan doa bersama sekitar pukul 21.00 WIB di aula balaidesa dan yang kedua melakukan adzan mulai pukul 23.00 WIB dan berakhir pukul 01.00 di setiap perempatan desa.

Bacaan Lainnya

Pelaksanaan doa bersama merupakan kegiatan rutin yang dilakukan oleh kepala desa beserta perangkatnya setiap malam Jum’at Kliwon, sedangkan pelaksanaan mengumandangkan adzan di setiap gang yang dilakukan oleh tujuh muadzin.

Menurut Sofyan Gunawan,Kades Mekargading pelaksanaan doa bersama merupakan kegiatan rutin yang sudah bertahun-tahun dilakukan oleh pemerintahan desa sebelumnya.

“Tujuan dilakukanya doa bersama dan dilanjutkan dengan kumandang adzan di setiap perempatan desa mekargading tiada lain berharap kepada Allah yang maha esa agar warga terhindar dari berbagai penyakit,selamat,perekonomiannya membaik dan dilancarkan segala bentuk urusanya,”ujar Kades Sofyan(Opang).

Ide pelaksanaan adzan timbul dari pengurus DKM Nurul Hidayah Mekargading yang langsung direspon positif oleh Kepala Desa,dalam pelaksanaanya DKM mengambil tujuh imam mushola(surou) yang ada di desa tersebut.

“Saya sangat senang dengan adanya kegiatan adzan yang dilakukan oleh para pengurus DKM,kami pemerintah desa sangat mendukung sekali dan ini merupakan pertama kalinya diadakan,”lanjut Sofyan.

“Harapanya mudah-mudahan setelah kita berihtiar kepada Allah SWT berbagai penyakit khususnya pandemi covid-19 ini segera hilang dari desa Mekargading agar masyarakat bisa beraktivitas secara normal kembali,”harapnya.

Setelah dilakukan PPKM darurat yang dimulai dari tanggal 3 Juli sampai dengan 20 Juli 2021 dirasakan ada penurunan dalam jumlah korban virus corona di desa Mekargading.

“PPKM darurat lanjutan yang dimulai tanggal 21dan akan berakhir 25 Juli mendatang mudah-mudahan akan berdampak lebih baik lagi bagi warga kami,”pungkas Sofyan.
(epul/B.Zaman)

Pos terkait