Bandar Lampung, SIBER88.CO.ID_Warga Panjang berinisial Eg kemarin mengeluhkan pelayanan medis UPTD Puskesmas Panjang Selatan,Kepala Dinas Kesehatan(Kadinkes)Kota Bandar Lampung,Muhtadi A Temenggung,bereaksi.
Muhtadi menegaskan, Pelayanan medis Puskesmas Bandar Lampung harus Profesional dan tanggap dalam melayani pasien.
Terkait pemberitaan warga keluhkan pelayanan medis Puskesmas Rawat Inap Panjang Selatan pada Senin(27/10/2025) kejadian tersebut hanya diskomunikasi(salah paham)pasien yang ingin berobat di Puskesmas Panjang Selatan.
Menurutnya,masih dalam hal wajar perawat yang istirahat sejenak di pelayanan UGD dalam keadaan meletakan kepala di nurse station karena perawat sedang kurang sehat,sedang saat itu tidak ada pasien di UGD.
“Dalam keadaan tersebut sampailah pasien ingin mengganti perban pasca insis di tungkai bawah kiri belakang di atas pergelangan kaki,saat itu pula di persilahkan oleh petugas jaga untuk dilakukan tindakan medis dengan menyemprotkan botol chlorethyl ke daerah luka pasien tersebut,” terang Muhtadi,Selasa(22/10/2025).
“Petugas jaga yang bernama Lela Amelia sudah memberikan perawatan yang terbaik dan sesuai prosedur,saat di UGD ada dua orang,yang satunya seorang Bidan bernama Rina Mustika,”sebutnya.
Muhtadi A Temenggung menekankan,untuk pelayanan Puskesmas Kota Bandar Lampung harus melayani warga sedemikian mungkin sebagaimana moto para medis yang sudah disumpah untuk melayani secara medis kepada masyarakat dengan sebaik-baiknya.
“Mari para petugas Puskesmas dan rumah sakit Kota Bandar Lampung kita kerjakan profesi kita ini dengan hati dan dilakukan dengan profesional serta cekatan,” pintanya.
“Saya selaku Kadinkes Kota Bandar Lampung dan seluruh jajaran Puskesmas Panjang Selatan meminta maaf kepada pasien,ibu Reni Anggraini warga Panjang Selatan atas kesalahpahaman ini,” ucapnya.
“Semoga apa yang sedang diderita ibu Reni segera diberikan kesembuhan sehingga dapat normal kembali,” pungkasnya.
























