KH Ahmad Hanafia Pejuang Asal Lampung Jadi Pahlawan Nasional

Lampung, SIBER88.CO.ID_Presiden Joko Widodo telah mengantongi enam nama pahlawan nasional yang diajukan dan akan diresmikan bertepatan dengan hari Pahlawan 10 November 2023,salah satunya nama tokoh pejuang asal Lampung.

Dikutip dari (jaringan media Lampung), Jumat (10/11/2023), gelar ini dianugerahkan pada pejuang yang turut memperjuangkan kemerdekaan dan ikut mengisi kemerdekaan dengan pengabdian serta perjuangan kepada negara.

Adapun beberapa persyaratan agar bisa mendapat gelar pahlawan nasional adalah tidak pernah berkhianat, berjuang, sudah wafat dan berbagai persyaratan umum lainnya.

Sementara itu, persyaratan khusus lainnya sepenuhnya ditetapkan oleh presiden, jelas Menko Polhukam Mahfud Md. Sementara itu, bahan untuk pemberian gelar ini didapatkan dari Kementerian Sosial.

Berdasarkan Keputusan Presiden Nomor 115-TK-TH2023 tertanggal 6 November 2023, presiden menganugerahkan gelar Pahlawan Nasional pada enam pejuang. Mereka datang dari berbagai perjuangan, mulai perintis kemerdekaan sampai pendobrak dan pejuang kemerdekaan langsung secara fisik dan berjasa di NKRI.

Sementara itu, dari laman Indonesia Baik disebutkan jika persyaratan Pahlawan Nasional diatur UU No. 20 tahun 2009 tentang gelar, tanda jasa dan tanda kehormatan.
Syarat Umum:
1. WNI atau seseorang yang berjuang di wilayah yang sekarang menjadi wilayah NKRI.
2. Memiliki integritas moral dan keteladanan.
3. Berjasa terhadap bangsa dan Negara.
4. Berkelakuan baik.
5. Setia dan tidak mengkhianati bangsa dan Negara dan tidak pernah dipidana penjara berdasarkan putusan pengadilan yang memperoleh kekuatan hukum tetap karena melakukan tindak pidana yang diancam dengan pidana penjara paling singkat lima tahun.
Syarat Khusus
1. Pernah memimpin dan melakukan perjuangan bersenjata atau perjuangan politik atau perjuangan dalam bidang lain untuk mencapai, merebut, mempertahankan, dan mengisi kemerdekaan serta mewujudkan persatuan dan kesatuan bangsa;
2. Tidak pernah menyerah pada musuh dalam perjuangan;
3. Melakukan pengabdian dan perjuangan yang berlangsung hampir sepanjang hidupnya dan melebihi tugas yang diembannya;
4. Pernah melahirkan gagasan atau pemikiran besar yang dapat menunjang pembangunan bangsa dan negara
5. Pernah menghasilkan karya besar yang bermanfaat bagi kesejahteraan masyarakat luas-atau meningkatkan harkat dan martabat bangsa.
6. Memiliki konsistensi jiwa dan semangat kebangsaan yang tinggi dan/atau melakukan perjuangan, yang mempunyai jangkauan luas dan berdampak nasional;
Daftar Nama Pahlawan Nasional Terbaru
1. Pejuang dari Bali, Ida Dewa Agung Jambe
2. Pejuang dari Sulawesi Utara, Bataha Santiago
3. Pejuang dari Jawa Timur, M Tabrani
4. Pejuang dari Jawa Tengah, Ratu Kalinyamat
5. Pejuang dari Jawa Barat, KH Abdul Chalim
6. Pejuang dari Lampung, KH Ahmad Hanafiah
Demikian informasi tentang daftar nama Pahlawan Nasional. .

Penulis : Erwin M
Editor : Badruzzaman