Ini Kata Andi Andrian Atas Keberhasilan BKPH Bungatan Dan Panarukan

Bondowoso, SIBER88.CO.ID _ Luar biasa Patut di banggakan kembali atas keberhasilan pelaksanaan Rehabilitasi Hutan Lindung (RHL) di wilayah kerja KPH.Bondowoso,setelah petak 91A-1 RPH.Dataran Ijen BKPH.Sukosari, kini menyusul petak 43B dengan keluasan 31,32 ha RPH.Bungatan,BKPH.

Adapun pula Panarukan juga patut diberikan acungan jempol dan apresiasi tinggi atas keberhasilannya mengapa tidak…. ???
MISWANTO KRPH.Bungatan saat ditemui Siber88 Bondowoso senin 11 Oktober 2021 membeberkan bahwa lokasi petak 43B yang berada pada ketinggian 100 MDPL memiliki topografi cukup miring bahkan ada sebagian yang terjal di samping juga rawan terjadinya kebakaran hutan sehingga membutuhkan perhatian extra dan perjuangan berat untuk mencapai sebuah keberhasilan tanaman atau reboisasi pada lokasi tersebut.

Bacaan Lainnya

Menurutnya keberhasilan pelaksanaan RHL ini tidak terlepas dari kerjasama Tim antara lain Peran LMDH, Tokoh Masyarakat dan Mandor Pelaksana yang cukup solid serta adanya dukungan penuh dari Menejemen Perhutani KPH Bondowoso.
Seperti diketahui bersama sesuai hasil penilaian oleh Tim Waslai dan Balai Pengelolaan Daerah Aliran Sungai (BPDAS.HL Brantas Sampean) yang juga melibatkan Dinas Kehutanan provensi Jatim Peta Divisi Regional Perhutani Jawa Timur terhadap pelaksaanaan RHL tahun 2019 pada petak 43B mencapai prosentase tumbuh tanaman rata-rata 85 % dan berada di atas ketentuan minimal rata-rata yang hanya di targetkan 75 %, dengan kepala tangan menunjukkan penuh semangat H. RIFA,I Asper / KBKPH.Panarukan yang didampingi oleh KRPH.Bungatan, ZAINUL LUTFI Kasubsi bidang Pembinaan Sumberdaya Hutan KPH.Bondowoso.

SUDIRMAN (Mandor Tanam) dan BURA,I Ketua LMDH tetap optimis masih dapat mempertahankan sekaligus meningkatkan prosentase tumbuh tanaman sebelum di serahkan pada kementrian LHK. Beliau memaparkan akan tetap berupaya maksimal untuk melakukan perbaikan berupa penyulaman bibit pada musim penghujan yang akan datang, ditanya apa langkah-langkah yang sudah dilakukan?

Pemuda Asli Sumenep Madura ini mengatakan bahwa pihaknya sudah menyediakan bibit jenis Petai, Nangka, Randu dan Sengon Buto sebanyak 10.000 Plances yang sudah siap tanam.

“Kami hanya menunggu musim hujan tiba untuk Eksen dilapangan Mas,”Pungkasnya.
Sementara RAHMAN HADI SUROSO Wakil Administratur/KSKPH.Bondowoso Utara saat di konfirmasi melalui sambungan selularnya mengatakan membenarkan bahwa berkat kerjasama yang kuat dan saling mendukung di antara Tim, maka sesulit apapun medannya insyaallah dengan bersama Kita pasti bisa.

Mantan Kasi PPB KPH Banyuwangi Barat ini mengatakan pihaknya akan memberikan dukungan penuh dalam upaya perbaikan tanaman oleh jajarannya pada musim penghujan yang akan datang, sehingga prosentase tumbuh tanaman bisa mencapai angka di atas 90 %, dengan berkelakar beliau menyatakan siap bersaing untuk menunjukkan keberhasilan di bidang Reboisasi maupun tanaman.

Senada dengan Wakilnya di tempat terpisah ANDI ADRIAN HIDAYAT Administartur KPH.Bondowoso menyampaikan ucapan terima kasih dan Apresiasi kepada seluruh jajaran yang telah berupa keras mengawal keberhasil GNH ini, tidak hanya itu, Orang nomor wahid di KPH.Bondowoso ini menekankan pengawalan dan keberhasilan juga harus dilakukan secara maksimal oleh jajaran terhadap pelaksanaan tanaman Rutin dan Tanaman Pembangunan tahun 2021.masih lanjut Bang ANDI yang dikenal murah senyum dan sering mendengungkan perubahan ini memaparkan “Kami menargetkan prosentase tumbuh tanaman di wilayah kerjanya dengan angka minimal 90 %, insyaallah kita akan menyiapkan Reward untuk petugas yang dapat mencapai prosentase tumbuh maksimal”Papar Andi.(Dit)

Pos terkait